Jasa SEO Murah Surabaya. -“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO)
adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas)
sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami
(sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian
non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search
Engine Optimization/SEO adalah:
“melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web
atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari
sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs
web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian
alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.
Misalnya Anda memiliki sebuah situs web haji dan umroh yang bernama Alsha
Tour. Di situs tersebut ada paket-paket haji, umroh, dan tour muslim untuk
tahun 2017 yang Anda pasarkan. Maka dengan melakukan SEO atau optimisasi mesin
pencari yang baik dan benar, ketika ada yang mencari umroh untuk tahun 2017
atau paket tour muslim yang tersedia di tahun 2017 (dengan bantuan mesin
pencari web misalnya di Google), situs web Anda akan berada di halaman pertama
daftar hasil pencarian mesin pencari. Semakin baik peringkat di halaman pertama
itu, semakin baik.
Setelah situs Anda tersebut sukses di-SEO-kan, berikut inilah tampilan layar
ketika pengguna internet mengetikkan umroh 2017 di mesin
pencari Google.
Dari tabel kelebihan dan kekurangan non-SEO dan SEO di atas dapat kita tarik
kesimpulan bahwa hasil pencarian SEO adalah hasil
pencarian utama dan hasil pencarian non-SEO adalah hasil pencarian
tambahan atau sementara. Karena adanya hasil pencarian utama ini, maka Google
mendapatkan tambahan income yang sangat banyak. Itu kalau dari sisi bisnis.
Namun bukan berarti hasil pencarian non-SEO tidak memiliki nilai sama
sekali. Jika Anda bisa mengoptimisasi keduanya, non-SEO dan SEO dengan sangat
baik, maka hal tersebut akan lebih baik dibandingkan hanya menggunakan salah satunya
saja. Karena masing-masing saling melengkapi.
Catatan: Hasil pencarian non-SEO biasanya dipakai oleh situs web baru agar
bisa cepat memasarkan produk atau jasanya untuk mendapatkan keuntungan, sambil
terus mengoptimisasi situs web tersebut secara SEO.